Latar Belakang Program Beasiswa S2 Kominfo

Dalam rangka mewujudkan good governance sebagaimana diamanatkan dalam Inpres No.3/2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, serta dalam rangka implementasi UU No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), diperlukan peran Government Chief Information Officer (GCIO) selaku eksekutif yang akan bertanggungjawab dalam perencanaan, penyelarasan, penyiapan, implementasi, dan evaluasi didalam penyelenggaraan teknologi informasi dan komunikasi pada instansi pemerintah. Selain dari segi teknis, pemerintah juga diharapkan untuk meningkatkan pelayanan informasi kepada publik dari sisi konten informasi. Salah satu upaya yang dilakukan melalui pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Untuk menyiapkan SDM GCIO dan PPID tersebut, Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak tahun 2007 telah mengembangkan Program Beasiswa S2 Magister pada bidang Teknologi Informasi program Chief Information Officer (CIO) dan sejak tahun 2011 ditambah dengan Magister pada bidang Ilmu Komunikasi. Tahun 2017, Program Beasiswa S2 pada program Chief Information Officer (CIO) digantikan dengan program Beasiswa S2 Keamanan Informasi.

Beasiswa diberikan dengan skema cost sharing bagi PNS yang bekerja di instansi pemerintah pusat maupun daerah dan memenuhi kriteria serta persyaratan yang ditentukan.

Program ini dilaksanakan bekerjasama dengan UGM-Yogyakarta, ITB-Bandung, ITS-Surabaya, UI-Jakarta  untuk Program Studi Bidang Informatika serta UGM, UI, UNHAS, USU dan UNAND-Padang untuk Program Studi Ilmu Komunikasi.

Informasi lebih lanjut mengenai Program Beasiswa S2 Dalam Negeri dapat menghubungi:

Tim Pengembangan SDM
Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Website: https://beasiswa.kominfo.go.id
Helpdesk: 0857-6000-8994
Email: beasiswadn@mail.kominfo.go.id

atau dapat menghubungi contact person masing-masing Perguruan Tinggi